Ketahui Perbandingan TV OLED dengan LCD

57 views

Selama dekade terakhir ini, para pembeli TV dipaksa untuk menjawab pertanyaan mengenai pilihan TV, yaitu “LCD atau plasma?”. Nah, kini berkat kehadiran teknologi LCD yang semakin maju dengan varian turunannya, maka plasma pun telah disingkirkan dari pertimbangan saat membeli.

pahami perbandingan tv led dan lcd
Hampis semua TV yang dijual saat ini berdasarkan dari teknologi Liquid Crystal Display (LCD) yang lama. Entah apakah pabrik pembuatnya memilih untuk menyebutnya sebagai TV LED, TV SUHD, TV Super UHD atau bahkan dengan julukan yang lebih futuristik seperti TV Quantum Dot LED (QLED).
Varian yang menjadi pengecualian adalah OLED. Televisi ini menggunakan teknologi layar Organic Light Emitting Diode yang secara fundamental berbeda dengan TV LCD. Perbedaan paling dasar adalah setiap piksel memberikan penyinaran sendiri. Sementara seluruh piksel pada suatu TV LCD disinari oleh penyinaran latar LED. Perbedaan ini menyebabkan segala jenis efek kkualitas gambar yang di antaranya mendukung LCD, tetapi sebagian besar menguntungkan OLED.
TV OLED pertama mulai dijual pada tahun 2013. Hingga saat ini TV OLED hanya dibuat oleh LG Display. Kendati demikian Sony juga mulai menjual TV OLED buatan LG juga. Harga TV ini lebih mahal jika dibandingkan TV LCD dengan ukuran yang sama. TV tersebut memang memiliki kualitas gambar yang terbaik yang pernah diuji.
OLED kemungkinan memang raja kualitas gambar, tetapi LCD tak kalah begitu saja tanpa pertarungan. TV LCD juga terus memperkenalkan teknologi baru yang dapat menjaga persaingan menjadi ketat selama beberapa tahun mendatang.
Jadi manakah yang lebih baik? Tentu jika ditelah dari beberapa variabel berbeda, setiap jenis TV memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara umum, berikut ini dilakukan perbandingan antara TV OLED dengan TV LCD dengan fitur yang terbaik dan yang paling mahal. Ini dilakukan karena tak ada TV OLED yang murah.
Black Level
Jika dilihat dari variabel Black level atau tingkat hitam dari suatu TV, maka TV OLED pemenangnya. Black Level adalah tingkat seberapa gelap yang bisa dicapai oleh TV. TV OLED keluar sebagai pemenang karena kemampuannya untuk mematikan piksel sama sekali secara individual sehingga dapat menghasilkan hitam yang sangat sempurna.
TV LCD dengan kualiltas yang bagus, memang memiliki peredupan lokal. Bagian dari layar dapat meredup secara independen, namun tak sebaik pengendalian per piksel karena wilayah hitam masih tidak hitam mutlak. Tetapi ini tentunya masih lebih baik jika dibandingkan TV LCD yang tak memiliki fitur tersebut. TV LCD yang terbaik memiliki peredupan lokal full array yang menyadiakan pengendalian lebih baik melalui kontras di layar. Tetapi terkadang masih mengalami blooming dimana wilayah yang terang merembet ke bagian hitam dari wilayah gelap yang berdekatan.
Rasio Kontras
Rasio kontras adalah perbedaan antara tingkat paling cerah dan tingkat paling gelap yang bisa diberikan oleh TV. OLED menjadi pemenang karena bisa sangat terang dan bisa menghasilkan hitam mutlak tanpa ada blooming. TV OLED memberikan rasio kontras terbaik dibandingkna layar modern mana pun.
Rasio kontras merupakan hal yang paling penting dari kualitas gambar. Layar dengan rasio kontras tinggi akan tampak lebih realistis jika dibandingkan dengan tV dengan rasio kontras yang lebih rendah.
Demikianlah perbandingan antara TV OLED dan LCD dengan mempertimbangkan unsur Black Level dan Rasio Kontras. Jika Anda mencari harga TV LED murah, maka sebaiknya memilih TV LCD karena memang dari segi harga lebih murah ketimbang TV OLED. Namun dari segi kualitas memang lebih rendah.
Namun demikian, bila ingin memilih jenis TV LCD yang lebih baik dan kualitasnya cukup bagus, maka Anda bisa bertanya apakah mereka jual TV LED dengan model full array. Karena jika dibandingkan dengan TV LED model edge-it, pada TV LED menggunakan backlit dengan metode full array memiliki black level dan rasio kontras yang lebih bagus.

Leave a reply "Ketahui Perbandingan TV OLED dengan LCD"