Mau Jual Rumah? Begini Caranya

566 views

Apabila Anda memutuskan untuk pindah tempat tinggal karena satu dan lain hal, tentu menjual rumah adalah solusi yang akan Anda pertimbangkan pertama kali, bukan? Kecuali bila Anda ingin menjadikan rumah lama Anda sebagai investasi untuk di masa depan, menjual rumah adalah solusi terbaik untuk Anda.

rumah-dijual

Seiring dengan bertambahnya waktu, jumlah penduduk di Indonesia pun bertambah. Hal ini mempengaruhi siklus jual beli rumah khususnya di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Bali, dan lain sebagainya. Ada yang berpendapat bahwa semakin lama, rumah semakin sulit terjual karena walaupun peminatnya banyak, susah untuk mencapai kesepakatan harga ataupun menemukan rumah yang tepat. Namun Anda tak perlu khawatir, simak beberapa tips berikut yang bisa Anda terapkan agar rumah Anda cepat terjual.

Menyusun Dokumen Penting

Dokumen penting yang harus Anda susun saat akan menjual rumah meliputi surat Izin Membangun Rumah, Surat Tanah, dan kartu identitas Anda selagi pihak penjual rumah. Hal ini harus Anda lakukan karena pembeli rumah Anda pasti pertama kali menanyakan tentang keberadaan dokumen-dokumen tersebut. Akan terkesan tidak professional bila saat ditanyakan, Anda harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mencari dokumen dan menyusunnya untuk kemudian diperiksa oleh calon pembeli. Cari dan susun dokumen penting yang menyatakan kepemilikan sah Anda terhadap tanah dan rumah yang akan Anda jual sehingga calon pembeli rumah akan menganggap Anda orang yang serius dalam berbisnis.

            Membuat Strategi Penjualan

Rapih dan teratur adalah dua kunci utama dari kriteria rumah yang laku terjual. Singkirkan sampah dan debu sebisa mungkin sehingga rumah yang akan Anda jual terlihat bersih dan ‘kinclong’, aman dari noda serta kotoran. Jangan lupa untuk menyingkirkan barang-barang yang bersifat personal seperti foto keluarga atau pajangan yang mengesankan rumah yang akan Anda jual masih ‘diisi’. Buatlah calon pembeli seakan-akan merasa akan membeli rumah baru jadi dengan cara menyingkirkan segala sesuatu yang bersifat personal.

            Jujur

Kejujuran itu penting. Anda harus berterus terang mengenai keadaan rumah baik dari dalam maupun dari luar kepada calon pembeli. Apabila rumah yang akan Anda jual memiliki masalah di bagian atap, beritahu calon pembeli Anda. Jangan melebih-lebihkan kondisi rumah agar calon pembeli langsung mantap untuk membeli rumah Anda. Calon pembeli lebih menghargai penjual yang jujur dengan kondisi rumah daripada yang berlebihan dalam mempromosikannya. Selain itu, Anda bisa dituntut bila kelak pembeli rumah Anda menemukan kerusakan yang sangat parah dari rumah yang baru saja ia beli.

            Renovasi Rumah

Merenovasi rumah yang codet sana-sini adalah jawaban yang paling benar, terlebih bila Anda akan menjual rumah tersebut dan mengharapkan untung yang banyak. Renovasi atap yang bocor, dinding yang sudah lapuk, dan kerusakan lainnya sehingga rumah lama Anda terasa seperti rumah baru.

            Memberi Sentuhan Akhir

Percantik rumah yang akan Anda jual dengan wewangian aromatherapy yang akan membuat calon pembeli merasa nyaman dan homey. Rumah yang tidak memiliki wangi khas atau lebih parah lagi, memiliki bau yang tidak sedap, akan mengusir calon pembeli begitu saja.